SILABUS PEMBELAJARAN
Nomor 01
NAMA SEKOLAH :
SMPN 2 PUGER
MATA
PELAJARAN : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
KELAS/PROGRAM :
IX / -
SEMESTER : 1
ASPEK : KEMAMPUAN BERBAHASA
SUBASPEK : MENDENGARKAN
STANDAR KOMPETENSI : Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER DAN MEDIA
|
Menyimpulkan isi dialog interaktif
beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
|
Menyimpulkan isi dialog interaktif
|
PENDAHULUAN (10 menit)
1.
Menyiapkan perangkat/media pembelajaran yang diperlukan.
2.
Melakukan appersepsi dan motivasi, guru menayangkan vidio rekaman dialog
interaktif, siswa memberikan tanggapan
secara langsung terhadap vidio rekaman dialog
interaktif yang ditayangkan.
3.
Guru menyampikan KD dan tujuan pembelajaran.
KEGIATAN INTI (70 menit)
1.
Kelas dibentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 siswa, satu siswa sebagai ketuan kelompok.
2.
Diperlihatkan rekaman dialog melalui media vidio (di
Ruang Multimedia/kelas), setiap kelompok menyimak tayangan tersebut dengan sikap yang disiplin.
3.
Setelah melihat vidio dialog interaktif, masing-masing siswa dalam kelompok membuat kesimpulan dialog interaktif dengan penung tanggung jawab dan kreatif.
4.
Berdasarkan pekerjaan masing-masing siswa, kelompok berdiskusi
membuat/menulis laporan kesimpulan dengan menunjukkan sikap kritis dan saling menghormati.
5.
Dalam diskusi kelas, masing-masing ketua kelompok dengan sikap tanggung jawab, kritis, dan saling
menghormati, dan komunikatif menyampaikan hasil/laporan kesimpulan
kelompok.
6.
Kelompok-kelompok yang lain memberikan tanggapan secara lisan terhadap
laporan kelompok disertai dengan
pikiran kritis, terbuka, jujur, dan bahasa yang komunikatif, dan sikap saling
menghormati.
PENUTUP (10 menit)
1.
Guru memberikan penguatan kesimpulan dialog.
2.
Guru memberikan penilaian terhadap pembelajaran (kegiatan diskusi) yang
telah dilakukan.
3.
Guru memberikan tugas penguatan terhadap siswa.
4.
Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang.
|
KOGNITIF
1.
Produk
2.
Proses
KETERAMPILAN
AFEKTIF/SIKAP
Karakter
a.
Selama kegiatan pembelajaran tampak dalam diri siswa sikap jujur,
tanggung jawab, dan saling menghormati.
b.
Dalam menyampaikan pendapat tampak dalam diri siswa sifat terbuka, komunikatif,
dan kritis.
Keterampilan Sosial
a.
Ketrampilan sosial : bekerja sama,
menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, toleransi, dan menanggapi
pendapat orang lain.
|
1.
Jenis
a.
Produk
b.
Proses
c.
Sikap/Karakter
2.
Teknik
i.
Tes
ii.
Nontes
iii.
Nontes
3.
Bentuk
Pengamatan
|
2 x 45
|
1.
Sumber Pembelajaran
2.
Alat Pembelajaran
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nomor 02
NAMA SEKOLAH :
SMPN 2 PUGER
MATA
PELAJARAN : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
KELAS/PROGRAM :
IX / -
SEMESTER : 1
ASPEK : KEMAMPUAN BERBAHASA
SUBASPEK : MENDENGARKAN
STANDAR KOMPETENSI : Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER DAN MEDIA
|
Mengomentari pendapat narasumber
dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog
interaktif
|
PENDAHULUAN (10 menit)
1. Menyiapkan perangkat/media
pembelajaran yang diperlukan.
2. Melakukan appersepsi dan
motivasi, guru menayangkan vidio rekaman dialog interaktif, siswa memberikan tanggapan secara langsung terhadap vidio rekaman dialog
interaktif yang ditayangkan.
3. Guru menyampikan KD dan
tujuan pembelajaran.
KEGIATAN INTI (70 menit)
1. Kelas dibentuk kelompok,
setiap kelompok terdiri dari 4 siswa, satu siswa sebagai ketuan kelompok.
2. Diperlihatkan rekaman dialog melalui media vidio (di
Ruang Multimedia/kelas), setiap kelompok menyimak tayangan tersebut dengan sikap yang disiplin.
PENUTUP (10 menit)
1.
Guru memberikan penguatan tentang cara berkomentar.
2.
Guru memberikan penilaian terhadap pembelajaran (kegiatan diskusi) yang
telah dilakukan.
3.
Guru memberikan tugas penguatan terhadap siswa.
4.
Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang.
|
KOGNITIF
1.
Produk
a.
Membuat inti sari dialog interaktif.
b.
Membuat komentar dialog interaktif.
2.
Proses
a.
Membuat inti sari dialog interaktif.
b.
Membuat komentar dialog interaktif.
c.
Menyampaikan komentar dialog interaktif dalam diskusi kelas.
d.
Memberikan tanggapan terhadap komentar yang disampaikan.
KETERAMPILAN
a.
Membuat inti sari dialog interaktif.
b.
Membuat komentar dialog interaktif.
c.
Menyampaikan komentar dialog interaktif dalam diskusi kelas.
d.
Memberikan tanggapan terhadap komentar yang disampaikan.
AFEKTIF/SIKAP
Karakter
c.
Selama kegiatan pembelajaran tampak dalam diri siswa sikap jujur,
tanggung jawab, dan saling menghormati.
d.
Dalam menyampaikan pendapat tampak dalam diri siswa sifat terbuka,
komunikatif, dan kritis.
Keterampilan Sosial
a. Ketrampilan
sosial : bekerja sama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, toleransi,
dan menanggapi pendapat orang lain.
|
1. Jenis
b.
Produk
c.
Proses
d.
Sikap/Karakter
2.
Teknik
a.
Tes
b.
Nontes
c.
Nontes
3.
Bentuk
a.
Tugas
b.
Pengamatan
Pengamatan
|
2x45
|
1. Sumber Pembelajaran
a.
Bahasa dan Sastra Indonesia, karangan Masnur Muslich, tahun 2007, penerbit
YA3 Malang, halaman 36 – 40. Atau ditulis
b.
Masnur Muslich. 2007. Bahasa dan Sastra Indonesia. Halaman 36 – 40.
Malang: YA3.
2.
Alat Pembelajaran
a.
Radio
b.
DVD Player
c.
Sound
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nomor 03
NAMA SEKOLAH :
SMPN 2 PUGER
MATA
PELAJARAN : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
KELAS/PROGRAM :
IX/-
SEMESTER : 1
ASPEK : KEMAMPUAN BERBAHASA
SUBASPEK : BERBICARA
STANDAR KOMPETENSI : Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk komentar dan laporan
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER DAN MEDIA
|
Mengkritik/memuji
berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
|
Mengktitik berbagai karya(seni atau produk)
|
PENDAHULUAN (10 menit)
1.
Menyiapkan perangkat/media pembelajaran yang diperlukan.
2.
Melakukan appersepsi dan motivasi, guru memberikan sebuah gambar
lukisan, siswa memberikan tanggapan secara langsung terhadap gambar lukisan.
3.
Guru menyampikan KD dan tujuan pembelajaran.
KEGIATAN INTI (70 menit)
1.
Kelas dibentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 siswa, satu siswa sebagai ketuan kelompok.
2.
Diberikan gambar
lukisan pada masing-masing kelompok, setiap kelompok mengamati gambar lukisan dengan sikap yang disiplin.
3.
Setelah mengamati gambar lukisan, masing-masing siswa dalam kelompok membuat kritikan terhadap gambar
lukisan dengan penung tanggung jawab dan kreatif.
4.
Berdasarkan pekerjaan masing-masing siswa, kelompok berdiskusi
membuat/menulis kritikan dengan menunjukkan sikap kritis
dan saling menghormati.
5.
Dalam diskusi kelas, masing-masing ketua kelompok dengan sikap tanggung jawab, kritis, dan saling
menghormati, dan komunikatif menyampaikan hasil/laporan kritikan kelompok.
6.
Kelompok-kelompok yang lain memberikan tanggapan secara lisan terhadap
laporan kelompok disertai dengan
pikiran kritis, terbuka, jujur, dan bahasa yang komunikatif, dan sikap saling
menghormati.
PENUTUP (10 menit)
1.
Guru memberikan penguatan mengkritik karya(seni atau produk).
2.
Guru memberikan penilaian terhadap pembelajaran (kegiatan diskusi) yang
telah dilakukan.
3.
Guru memberikan tugas penguatan terhadap siswa.
4.
Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang.
|
KOGNITIF
1.
Produk
a.
Membuat inti sari berita sebanyak-banyaknya dalam 2 pargraf.
b.
Membuat kesim-pulan berita da-lam satu para-graf.
2.
Proses
a.
Membuat inti sari berita sebanyak-banyaknya dalam 2 pargraf.
b.
Membuat kesim-pulan berita da-lam satu para-graf.
c.
Menyampaikan kesimpulan berita dalam diskusi kelas.
d.
Memberikan tanggapan terhadap kesimpulan yang disampaikan
KETERAMPILAN
-
AFEKTIF/SIKAP
Karakter
a.
Selama kegiatan pembelajaran tampak dalam diri siswa sikap jujur,
tanggung ja-wab, dan saling menghormati.
b.
Dalam menyampaikan penda-pat tampak dalam diri siswa sifat terbuka,
komunikatif, dan kritis.
Keterampilan Sosial
a.
Ketrampilan sosial : bekerja sama,
menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, toleransi, dan menanggapi
pendapat orang lain.
|
4.
Jenis
d.
Produk
e.
Proses
f.
Sikap/Karakter
5.
Teknik
e.
Tes
f.
Nontes
g.
Nontes
6.
Bentuk
Pengamatan
|
2
x 45
|
1.
Sumber Pembelajaran
a. Bahasa dan Sastra Indonesia, karangan Masnur Muslich, tahun 2007,
penerbit YA3 Malang, halaman 36 – 40. Atau ditulis
b .Masnur Muslich. 2007. Bahasa
dan Sastra Indonesia. Halaman 36 – 40. Malang: YA3.
2.
Alat Pembelajaran
a. Radio
b. DVD Player
c.Sound
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar