Kamis, 05 Juli 2012



SILABUS PEMBELAJARAN
Nomor 01

                                                                                                                NAMA SEKOLAH                      : SMPN 2 PUGER
                                                                                    MATA PELAJARAN                   : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
                                                                                    KELAS/PROGRAM                   : IX / -
                                                                                    SEMESTER                               : 1
                                                                        ASPEK                                      : KEMAMPUAN BERBAHASA
                                                                        SUBASPEK                                : MENDENGARKAN
                                                                                                STANDAR KOMPETENSI          : Memahami dialog interaktif  pada tayangan televisi/siaran radio
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER DAN MEDIA
Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
Menyimpulkan isi dialog interaktif

PENDAHULUAN (10 menit)
1.      Menyiapkan perangkat/media pembelajaran yang diperlukan.
2.      Melakukan appersepsi dan motivasi, guru menayangkan vidio rekaman dialog interaktif, siswa memberikan tanggapan secara langsung terhadap vidio rekaman dialog interaktif yang ditayangkan.
3.      Guru menyampikan KD dan tujuan pembelajaran.

KEGIATAN INTI (70 menit)
1.      Kelas dibentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4  siswa, satu siswa sebagai ketuan kelompok.
2.      Diperlihatkan rekaman dialog melalui media vidio (di Ruang Multimedia/kelas), setiap kelompok menyimak tayangan tersebut dengan sikap yang disiplin.
3.      Setelah melihat vidio dialog interaktif, masing-masing siswa dalam kelompok membuat kesimpulan dialog interaktif dengan penung tanggung jawab dan kreatif.
4.      Berdasarkan pekerjaan masing-masing siswa, kelompok berdiskusi membuat/menulis laporan kesimpulan dengan menunjukkan sikap kritis dan saling menghormati.
5.      Dalam diskusi kelas, masing-masing ketua kelompok dengan sikap tanggung jawab, kritis, dan saling menghormati, dan komunikatif menyampaikan hasil/laporan kesimpulan kelompok.
6.      Kelompok-kelompok yang lain memberikan tanggapan secara lisan terhadap laporan kelompok disertai dengan pikiran kritis, terbuka, jujur, dan bahasa yang komunikatif, dan sikap saling menghormati.

PENUTUP (10 menit)
1.      Guru memberikan penguatan kesimpulan dialog.
2.      Guru memberikan penilaian terhadap pembelajaran (kegiatan diskusi) yang telah dilakukan.
3.      Guru memberikan tugas penguatan terhadap siswa.
4.      Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang.
KOGNITIF
1.       Produk
  1. Membuat inti sari dialog interaktif.
  2. Membuat kesimpulan dialog interaktif.

2.       Proses
  1. Membuat inti sari dialog interaktif.
  2. Membuat kesimpulan dialog interaktif.
  3. Menyampaikan kesimpulan dialog interaktif dalam diskusi kelas.
  4. Memberikan tanggapan terhadap kesimpulan yang disampaikan.
KETERAMPILAN
  1.  Membuat inti sari dialog interaktif.
  2. Membuat kesimpulan dialog interaktif.
  3. Menyampaikan kesimpulan dialog interaktif dalam diskusi kelas.
  4. Memberikan tanggapan terhadap kesimpulan yang disampaikan.

AFEKTIF/SIKAP
Karakter
a.       Selama kegiatan pembelajaran tampak dalam diri siswa sikap jujur, tanggung jawab, dan saling menghormati.
b.      Dalam menyampaikan pendapat tampak dalam diri siswa sifat terbuka, komunikatif, dan kritis.

Keterampilan Sosial

a.    Ketrampilan sosial : bekerja sama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, toleransi, dan menanggapi pendapat orang lain.
1.      Jenis
a.      Produk
b.      Proses
c.       Sikap/Karakter

2.      Teknik
i.        Tes
ii.       Nontes
iii.     Nontes

3.      Bentuk
  1. Tugas
  2. Pengamatan
Pengamatan
2 x 45
1.       Sumber Pembelajaran
  1. Bahasa dan Sastra Indonesia, karangan Masnur Muslich, tahun 2007, penerbit YA3 Malang, halaman 36 – 40. Atau ditulis
  2. Masnur Muslich. 2007. Bahasa dan Sastra Indonesia. Halaman 36 – 40. Malang: YA3.

2.       Alat Pembelajaran
  1. Radio
  2. DVD Player
  3. Sound



SILABUS PEMBELAJARAN
Nomor 02

                                                                                                                NAMA SEKOLAH                      : SMPN 2 PUGER
                                                                                    MATA PELAJARAN                   : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
                                                                                    KELAS/PROGRAM                   : IX / -
                                                                                    SEMESTER                               : 1
                                                                        ASPEK                                      : KEMAMPUAN BERBAHASA
                                                                        SUBASPEK                                : MENDENGARKAN
                                                                                                STANDAR KOMPETENSI          : Memahami dialog interaktif  pada tayangan televisi/siaran radio
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER DAN MEDIA
Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran  radio 
Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif
PENDAHULUAN (10 menit)
1.    Menyiapkan perangkat/media pembelajaran yang diperlukan.
2.    Melakukan appersepsi dan motivasi, guru menayangkan vidio rekaman dialog interaktif, siswa memberikan tanggapan secara langsung terhadap vidio rekaman dialog interaktif yang ditayangkan.
3.    Guru menyampikan KD dan tujuan pembelajaran.

KEGIATAN INTI (70 menit)
1.    Kelas dibentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4  siswa, satu siswa sebagai ketuan kelompok.
2.    Diperlihatkan rekaman dialog melalui media vidio (di Ruang Multimedia/kelas), setiap kelompok menyimak tayangan tersebut dengan sikap yang disiplin.
  1. Setelah melihat vidio dialog interaktif, masing-masing siswa dalam kelompok membuat komentar tentang isi dialog interaktif dengan penung tanggung jawab dan kreatif.
  2. Berdasarkan pekerjaan masing-masing siswa, kelompok berdiskusi membuat/menulis laporan komentar dengan menunjukkan sikap kritis dan saling menghormati.
  3. Dalam diskusi kelas, masing-masing ketua kelompok dengan sikap tanggung jawab, kritis, dan saling menghormati, dan komunikatif menyampaikan hasil/laporan komentar kelompok.
  4. Kelompok-kelompok yang lain memberikan tanggapan secara lisan terhadap laporan kelompok disertai dengan pikiran kritis, terbuka, jujur, dan bahasa yang komunikatif, dan sikap saling menghormati.

PENUTUP (10 menit)
1.    Guru memberikan penguatan tentang cara berkomentar.
2.    Guru memberikan penilaian terhadap pembelajaran (kegiatan diskusi) yang telah dilakukan.
3.    Guru memberikan tugas penguatan terhadap siswa.
4.    Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang.
KOGNITIF
1.    Produk
a.         Membuat inti sari dialog interaktif.
b.        Membuat komentar dialog interaktif.

2.    Proses
a.         Membuat inti sari dialog interaktif.
b.        Membuat komentar dialog interaktif.
c.         Menyampaikan komentar dialog interaktif dalam diskusi kelas.
d.        Memberikan tanggapan terhadap komentar yang disampaikan.

KETERAMPILAN
a.         Membuat inti sari dialog interaktif.
b.        Membuat komentar dialog interaktif.
c.         Menyampaikan komentar dialog interaktif dalam diskusi kelas.
d.        Memberikan tanggapan terhadap komentar yang disampaikan.

AFEKTIF/SIKAP
Karakter
c.       Selama kegiatan pembelajaran tampak dalam diri siswa sikap jujur, tanggung jawab, dan saling menghormati.
d.      Dalam menyampaikan pendapat tampak dalam diri siswa sifat terbuka, komunikatif, dan kritis.

Keterampilan Sosial

a.    Ketrampilan sosial : bekerja sama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, toleransi, dan menanggapi pendapat orang lain.
1.   Jenis
b.    Produk
c.    Proses
d.   Sikap/Karakter

2.     Teknik
a.    Tes
b.    Nontes
c.     Nontes

3.      Bentuk
a.    Tugas
b.    Pengamatan
        Pengamatan
   2x45
1. Sumber Pembelajaran
a.    Bahasa dan Sastra Indonesia, karangan Masnur Muslich, tahun 2007, penerbit YA3 Malang, halaman 36 – 40. Atau ditulis
b.    Masnur Muslich. 2007. Bahasa dan Sastra Indonesia. Halaman 36 – 40. Malang: YA3.

2.    Alat Pembelajaran
a.    Radio
b.    DVD Player
c.     Sound




SILABUS PEMBELAJARAN
Nomor 03

                                                                                                                NAMA SEKOLAH                      : SMPN 2 PUGER
                                                                                    MATA PELAJARAN                   : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
                                                                                    KELAS/PROGRAM                   : IX/-
                                                                                    SEMESTER                               : 1
                                                                        ASPEK                                      : KEMAMPUAN BERBAHASA
                                                                        SUBASPEK                                : BERBICARA
                                                                                                STANDAR KOMPETENSI          : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER DAN MEDIA
Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun

Mengktitik berbagai karya(seni atau produk)
PENDAHULUAN (10 menit)
1.         Menyiapkan perangkat/media pembelajaran yang diperlukan.
2.         Melakukan appersepsi dan motivasi, guru memberikan sebuah gambar lukisan, siswa memberikan tanggapan secara langsung terhadap gambar lukisan.
3.       Guru menyampikan KD dan tujuan pembelajaran.

KEGIATAN INTI (70 menit)
1.       Kelas dibentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5  siswa, satu siswa sebagai ketuan kelompok.
2.       Diberikan gambar lukisan pada masing-masing kelompok, setiap kelompok mengamati gambar lukisan  dengan sikap yang disiplin.
3.       Setelah mengamati gambar lukisan, masing-masing siswa dalam kelompok membuat kritikan terhadap gambar lukisan dengan penung tanggung jawab dan kreatif.
4.       Berdasarkan pekerjaan masing-masing siswa, kelompok berdiskusi membuat/menulis kritikan dengan menunjukkan sikap kritis dan saling menghormati.
5.       Dalam diskusi kelas, masing-masing ketua kelompok dengan sikap tanggung jawab, kritis, dan saling menghormati, dan komunikatif menyampaikan hasil/laporan kritikan kelompok.
6.       Kelompok-kelompok yang lain memberikan tanggapan secara lisan terhadap laporan kelompok disertai dengan pikiran kritis, terbuka, jujur, dan bahasa yang komunikatif, dan sikap saling menghormati.

PENUTUP (10 menit)
1.       Guru memberikan penguatan mengkritik karya(seni atau produk).
2.       Guru memberikan penilaian terhadap pembelajaran (kegiatan diskusi) yang telah dilakukan.
3.       Guru memberikan tugas penguatan terhadap siswa.
4.       Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan datang.
KOGNITIF
1.       Produk
a.       Membuat inti sari berita sebanyak-banyaknya dalam 2 pargraf.
b.      Membuat kesim-pulan berita da-lam satu para-graf.

2.       Proses
a.       Membuat inti sari berita sebanyak-banyaknya dalam 2 pargraf.
b.      Membuat kesim-pulan berita da-lam satu para-graf.
c.       Menyampaikan kesimpulan berita dalam diskusi kelas.
d.      Memberikan tanggapan terhadap kesimpulan yang disampaikan

KETERAMPILAN
-
AFEKTIF/SIKAP
Karakter
a.       Selama kegiatan pembelajaran tampak dalam diri siswa sikap jujur, tanggung ja-wab, dan saling menghormati.
b.      Dalam menyampaikan penda-pat tampak dalam diri siswa sifat terbuka, komunikatif, dan kritis.

Keterampilan Sosial
a.       Ketrampilan sosial : bekerja sama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, toleransi, dan menanggapi pendapat orang lain.
4.      Jenis
d.      Produk
e.      Proses
f.       Sikap/Karakter

5.      Teknik
e.      Tes
f.       Nontes
g.      Nontes

6.      Bentuk
  1. Tugas
  2. Pengamatan
Pengamatan
2         x 45
1.    Sumber Pembelajaran
a.  Bahasa dan Sastra Indonesia, karangan Masnur Muslich, tahun 2007, penerbit YA3 Malang, halaman 36 – 40. Atau ditulis
b .Masnur Muslich. 2007. Bahasa dan Sastra Indonesia. Halaman 36 – 40. Malang: YA3.

2.    Alat Pembelajaran
a. Radio
b. DVD Player
c.Sound



Tidak ada komentar:

Posting Komentar